Jogjakarta, kota pelajar dan kota budaya



Kota pelajar dan Kota Budaya, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan kata- kata itu. Iya, Jogjakarta. Sebuah daerah istimewa setingkat provinsi yang terletak di bagian selatan Pulau Jawa bagian tengah berbatasan dengan Jawa Tengah dan Samudra Hindia. Jogjakarta adalah sebuah daerah yang kental akan kebudayan nya.




Kalau Jogja pasti tidak jauh dari tempat tujuan wisata Kraton, Borobudur, dan Taman sari. Ketiga tempat itu adalah destinasi wisata yang paling terkenal di Jogja. Sebenarnya tidak hanya itu Jogja masih punya banyak tempat tempat wisata alam yang sangat indah seperti Pantai Parangtritis, Gunung Merapi, Gua Pindul dan masih banyak lagi. Sehingga banyak yang menjuluki jogja sebagai ‘Bali’-nya Jawa.




Hasil gambar untuk jogjakarta
https://goo.gl/VzdE8W
 Ngomongin soal budaya di Jogja ada salah satu acara tahunan yang disebut Sekaten. Sekaten atau yang lebih dikenal sebagai Pasar Malam. Sekaten dilaksanakan dalam rangka memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW yang berlangsung selama 40 hari dari 5 sampai 12 Rabiul Awal. Seperti pasar malam kebayakan di Sekaten kita dapat menemukan berbagai macam wahana permainan khas pasar malam. Tidak hanya itu masih banyak hal yang dapat kita temukan di Sekaten seperti makanan- makanan tradisional, panggung hiburan, hingga penjual pakaian. Sekaten diadakan di Alun- Alun Utara Jogyakarta. Peminat sekaten tidak hanya dari masyarakat Jogjakarta tetapi juga dari Turis Mancanegara.
Hasil gambar untuk sekaten
https://goo.gl/h8KkME

Kalau makanan khas nya pasti udah pada tau kan? Gudeg. Siapa sih yang ga kenal gudeg. Makanan berbahan dasar nangka muda yang dimasak dengan santan. Dibalik rasanya yang super enak, memasak gudeg membutuhkan waktu berjam-jam. Di jogja sendiri ada sebuah ada sebuah kawasan yang terkenal dan bersejarah berhubungan denga Gudeg, yaitu Wijilan. Wijilan atau yang biasa dikenal sebagai Plengkung Wijilan terletak di sebelah timur Alun- Alun Utara. Disana berjajar tempat makan yang menjajakan Gudeg. Jenis Gudeg yang kering menjadi ciri khas dari gudeg wijilan.


Hasil gambar untuk gudeg wijilan
https://goo.gl/MXQ4vu



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Psikologi